Jumat, 03 April 2009

OBAT BUANG-BUANG AIR

Muntaber adalah penyakit yang cukup menakutkan. Mun¬tah berak merupakan penyakit yang harus segera memperoleh pengobatan dan perawatan dari dokter.

Tetapi mereka yang berak-berak saja tanpa muntah, betapapun gencar ia ke belakang dan buang-buang air, sampai jumlahnya belasan kali, bisa saja menghentikan buang-buang air tersebut dengan mempergunakan pucuk-pucuk daun jambu kelutuk (jambu biji), yang dimakan dengan sedikit garam.

Cara memakannya itu ialah: pilih pucuk-pucuk daun jambu kelutuk yang masih muda-muda cuci yang bersih. Kemudian sediakan sedikit garam di piring, pucuk-pucuk daun jambu itu kita taburkan sedikit garam dan makanlah. Kunyah perlahan-lahan, kemudian telanlah berikut ampasnya.

Tetapi untuk anak-anak, yang tentu saja tak bisa mema¬kan begitu saja daun-daun jambu tersebut, maka pucuk-pucuk daun jambu bisa ditumbuk sampai hancur, saring ambil airnya, campurkan sedikit garam, minumkanlah.

Biasanya, buang-buang air yang paling parah sekalipun, jika memang kita memakan pucuk-pucuk daun jambu, seke¬tika menjadi macet dan sembuh.